Thursday, September 10, 2020

Budidaya Jambu Kristal BIBIT JAMBU KRISTAL MURAH https://wa.me/6287770643219

 

 Budidaya Jambu Kristal

BIBIT JAMBU KRISTAL MURAH

https://wa.me/6287770643219

 


 

            Budidaya buah tropis merupakan salah satu usaha di bidang pertanian yang mempunyai prospek yang cerah. Diantaranya budidaya buah kelengkeng. Kelebihan tanaman ini, dapat tumbuh di berbagai areal lahan, dan cocok untuk ditanam di berbagai tempat di Indonesia. Jambu Kristal. Wah pasti jenis jambu ini sudah tidak asing terdengar familiar di telinga masyarakat, apalagi di Indonesia. Jenis jambu juga sering disebut jambu biji ini yaitu salah satu jenis jambu yang enak, lezat dan juga populer di kalangan masyarakat di kota maupun di desa. Tak hanya Indonesia bahkan diseluruh dunia. Jambu ini terdiri dari dua jenis, yakni jambu kristal dengan biji yang isinya warnanya merah ada juga yang memiliki isi dan biji berwarna putih.

 


            Keduanya sangat enak dimakan, perbedaanya hanya terdapat pada warna dan teksturnya saja. Kandungan gizi dan mineralnya pun tidak jauh berbeda satu sama lain. Untuk memperoleh jambu Kristal ini pun sangatlah mudah. Kalian bisa temuin jambu Kristal di pasar-pasar, ada juga yang jual di supermarket besar. Nah kalo kalian berminat membeli bibit jambu kristal, silahkan hubungi kami. Kami menjual Bibit Jambu Kristal https://wa.me/6287770643219.

 

Tanaman berbuah sepanjang tahun secara terus-menerus. Produksi buah dalam sekali berbuah menghasilkan 15 – 30 buah, dalam usia tanam 2 tahun per tanaman bisa menghasilkan 70 – 80 Kg selama 6 bulan. Bobot rata – rata buah 500 gram bahkan ada yg mencapai 900 gram. Bentuk buah simetris sempurna. Kulit hijau mulus yang dilapisi lilin yang cukup tebal. Lapisan lilin membuat buah sulit ditembus hama. Warna daging buah yang berwarna putih dengan tekstur yang renyah hampir matang dan empuk saat mulai kematangan. Kadar kemanisan dan kadar air cukup tinggi (menyegarkan). Sosok tanaman dan daun relatif lebih besar ketimbang jambu biji lain. Tekstur daun lebih kaku sehingga Jambu Kristal lebih tahan gangguan kekeringan dan hama penyakit. Adaptif dengan lingkungan.

 

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menikmati kelezatan dari jambu Kristal ini, antara lain : Kalo untuk yang tidak mau ribet langsung dimakan begitu saja, bagi kalian yang suka dijus, bisa dibuat menjadi jus, Menjadi campuran dalam sop / es buah.

 

Jambu Kristal ini memiliki banyak kelebihan bila kita bandingkan dengan jambu-jambu biasanya, seperti struktur buahnya yang besar dibandingkan dengan jambu-jambu lokal yang beredar. Kandungan yang terdapat didalam buah Jambu ini sangat kaya, meliputi vitamin C, beberapa jenis mineral yang mampu menangkis berbagai jenis penyakit dan menjaga kebugaran tubuh. Daun dan kulit batangnya mengandung zat anti bakteri yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Banyaknya manfaat yang terkandung pada jambu kristal yang buat banyak orang saat ngolahnya jadi berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat. Bukan cuma buahnya, namun beberapa bagian dari jambu kristal ini juga bisa dimanfaatin, contohnya pada bagian daunnya.


Daun tanaman ini dikenal sebagai obat untuk penyakit batuk dan diare. Cara mengolah daun menjadi obat adalah dengan merebusnya dan meminum air rebusan tersebut. Kandungan air rebusan tersebut baik untuk proses pencernaan dan lambung.Manfaat ini juga menjadi alasan beberapa perusahaan obat untuk membuat berbagai macam obat dengan bahan dasar daun ini.

Buah jambu kristal begitu enak, sedap dan lezat saat dimakan langsung karena jumlah bijinya yang ssedikit dan rasanya yang enak banget. Namun, buah ini juga nikmat jika diolah menjadi jus. Menambahkan es batu jadi memperkuat kandungan vitamin C dan tentunya terasa lebih nyegerin. Selain rasanya yang manis dan segar dengan daging buah yang lembut, jambu kristal juga tahan lama. Jambu ini bisa tetap segar hingga dua pekan meski tidak disimpan dalam lemari pendingin. Karena itulah, Jambu Kristal masih tinggi peminatnya.

Di beberapa daerah, jambu bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan, seperti dodol jambu yang berasal dari Garut. Selain itu, ada juga yang mengolahnya menjadi keripik jambu yang sangat cocok menjadi oleh-oleh jika Anda berkunjung ke Jawa Tengah atau Jawa Timur. Ada juga yang mengolahnya dengan mengambil sari buah untuk dijadikan sirup atau minuman ringan. Jambu kristal juga bisa juga disajikan dalam bentuk teh dan saus/ selai.

            Berikut ini adalah beberapa manfaat tersebut yang perlu anda ketahui :

1. Jambu kristal cocok untuk dijadikan minuman. Untuk kalian yang senang dalam mengolah bahan makanan, kalian dapat manfaatin jambu kristal sebagai minuman dengan dijus atau diblender. Selain itu, dapat dikreasikan menjadi berbagai jenis menu dengan memakai bahan dasar jambu kristal ini.

2. Bagus untuk penderita diare. Manfaat jambu kristal memiliki serat yang tinggi, dan  jambu Kristal mengandung senyawa yang bernama astringents. Senyawa astringents ini yakni salah satu pelaku yang dapat membunuh bakteri yang menjadi penyabab terjadinya penyakit diare.                                         

3. Mencegah sulit buang air besar (BAB) atau sembelit. Kalian pasti merasakan sembelit, atau sulit untuk buang air besar bukan? Kalau begitu, kalian coba untuk rajin memakan jambu kristal. Jambu Kristal memilili kandungan serat yang cukup tinggi. Dengan tingginya serat yang dipunyai oleh jambu Kristal ini, pastinya sembelit dan sulit buang air besar yang kalian alami dalam tuntas, karena salah satu faktor yang menyebabkan gangguan sembelit ini adalah kurangnya serat di dalam tubuh.

4. Mengobati batuk dan flu. Selain itu jambu kristal bermanfaat bagi kesehatan dan sangat baik untuk mengurangi lendir didalam tenggorokan. Selain itu, jambu kristal juga dapat menjadi penghambat aktivitas kuman dan viris yang menyebabkan batuk dan flu yang kalian alami.

5. Menjaga kesehatan kulit. Apakah kalian tau apa saja manfaat dari vitamin E bagi kulit? Ya, buah jambu Kristal merupakan salah satu jenis buah yang juga memiliki banyak kandungan vitamin E. Tentu saja vitamin E sangat banyak manfaatnya, terutama bagi kesehatan kulit. Vitamin E dapat membantu :

·         Mencegah kulit kering dan bersisik

·         Mengangkat sel kulit mati

·         Mencerahkan wajah

·         Menutrisi kulit dari dalam

·         Menjaga kelembaban kulit

 

Saat ini budidaya jambu kristal tersedia di area karanganyar, budidaya jambu kristal untuk pembibitan jambu kristal, dapat dilakukan dengan biji, stek, okulasi, maupun persilangan. Langsung tanam biji umum digunakan untuk pembibitan dan stek, okulasi jarang digunakan. Metode persilangan yang paling umum adalah dengan stek, metode okulasi pucuk, metode tempel (persusuan) dan lain-lain.

          Pemilihan dan Pengolahan Lahan untuk Jambu Kristal Jambu biji mudah beradaptasi, namun untuk pertimbangan ekonomis pilih lokasi dengan sinar matahari dan pengairannya cukup, pengatusan (run off) lancar, tanah rata serta kaya akan bahan organik. Supaya tanaman tidak tergenang air maka dapat dibuat bedengan untuk meninggikan tanaman.

Penanaman Jambu Kristal

  • Jarak tanam antar baris sebaiknya agak lebar, kira-kira 3.5 m – 4 m, jarak tanam antar pohon 2.7 m – 3.6 m.
  • Pilih bibit dari akar tumbuh sempurna dan jangan yang berpenyakit
  • Didaerah yang sering tergenang air, jangan ditanam di musim hujan
  • Dasar lubang tanam diberi pupuk organik dan dicampur dengan pupuk kimia
  • Pada pohon yang masih terlalu muda jika berbunga harus segera dihilangkan, karena jika sampai berbuah akan mempengaruhi pertumbuhan pohon
  • Jika saat okulasi di cabang utama tumbuh dahan atau daun baru harus segera dihilangkan

Jual bibit jambu kristal karanganyar https://wa.me/6287770643219.  Jual bibit jambu kristal dengan varietas unggul dan bergaransi berbagai jenis ukurannya. Harga bibit jambu kristal yang kami jual beragam dan bervariasi, tergantung usia dan ukuran tanamnnya. Kami melayani pengiriman keseluruh wilayah Indonesia, selama terjangkau ekspedisi.

Dengan tabulampot menjadi lebih praktis, ekonomis dan enak dipandang mata untuk nilai ekonominya atau nilai jual kami lebih mahal diwaktu sedang berbuah. Selain itu Anda bisa memetik hasil dari penjualan bibit cangkok, yang mana dengan penanaman disekitar/sisa halaman rumah, mempermudah Anda membuat bibit dengan cangkok.

Dalam waktu umur 7 bulan sudah bisa dipanen akan tetapi hasil belum terlalu banyak. Di tahun pertama per pohon bisa mengahsilkan 50 kg. Supaya pertumbuhan bibit jambu kristal baik maka diperlukan pupuk kandang atau pupuk kompos selain pupuk buatan pabrik, dalam per hektar sebanyak 3 ton pupuk kandang. Bagi kalian yang gemar menanam buah dalam pot sangat cocok untuk mencoba budidaya jambu biji kristal dalam pot.

Ada 7 Alasan mengapa kalian Harus Membeli Bibit Jambu Kristal dari Kami 

  1. Bibit lebih cepat berbuah – karena pembiakan dengan cara okulasi atau cangkok yang jauh lebih cepat dibanding pembiakan dari biji. Cangkokan atau okulasi bibit jambu kristal dari kami juga dilakukan pada indukan yang dewasa dan telah berbuah.
  2. Bibit bebas dari penyakit dan hama, karena diperbanyak lagi dari indukan yang sehat, dan terbebas dari hama dan penyakit
  3. Bibit Tidak Mandul – karena berasal dari indukan yang sudah terbukti berbuah dan produktif.
  4. Sifat buah tidak berubah, sama persis dengan induknya – karena pebiakan dengan cara vegetative (bukan biji)
  5. Bibit Sehat – karena di rawat secara khusus oleh ahli pembibitan kami
  6. Bibit Cukup umur dan siap tanam – bibit yang kami jual telah di rawat dalam polybag atau pot minimal 6 bulan dengan jumlah dan kondisi akar yang kuat sebelum siap jual.
  7. Garansi Uang kembali – Jika bibit bukan dari varietas asli dan jika diterima dalam kondisi mati yang disebabkan oleh kesalahan kami 

Jual bibit jambu kristal Murah Solo https://wa.me/6287770643219.


1. Unggul dalam Cita Rasa. Rasanya yang segar, manis, kres, berdaging tebal dan hampir tanpa biji merupakan keunggulan yang tidak didapat pada jambu biji jenis manapun.
2. Bibit jambu kristal sangat mudah dibudidayakan. Maka dalam waktu sekitar hanya 8-12 bulan, bibit jambu kristal bisa berbuah, dan buahnya bisa mencapai berat 0,9 kg atau hampir 1kg. Selain di perkebunan bibit jambu kristal, sangat dapat dibudidayakan dalam pot (tabulampot), sehingga cocok untuk bisnis rumahan atau hanya sekadar hobi.
3. Frekuensi Panen yang Tinggi. Dan bila cukup umur jambu kristal bisa panen 4 sd 5 kali dalam setahun.
4.Peluang Wirausaha. Baik untuk buah maupun pembibitan..
5. Permintaan Tinggi dan Terus Meningkat. Karena masih baru, para warga belum banyak membudidayakan jambu kristal pada saat ini, sehingga pasokan jauh lebih sedikit dibandingkan permintaan. Bahkan setiap kali panen kami selalu kehabisan stok buah. Semakin populernya manfaat dan keuntungan jambu kristal ini di masyarakat maka permintaan pun akan terus meningkat.